Manfaat dan Khasiat Akar Pinang


Pinang adalah sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Pinang juga merupakan nama buahnya yang diperdagangkan orang. Pelepah daun berbentuk tabung dengan panjang 80 cm, tangkai daun pendek; helaian daun panjangnya sampai 80 cm, anak daun 85 x 5 cm, dengan ujung sobek dan bergerigi.
Tongkol bunga dengan seludang (spatha) yang panjang dan mudah rontok, muncul dibawah daun, panjang lebih kurang 75 cm, dengan tangkai pendek bercabang rangkap, sumbu ujung sampai panjang 35 cm, dengan 1 bunga betina pada pangkal, di atasnya dengan banyak bunga jantan tersusun dalam 2 baris yang tertancap dalam alur.
                                                             Manfaat Akar pinang
Khasiat Akar Pinang
Apa sajakah manfaat akar pinang ini ?
  • Mengobati Difteri.
Caranya, ambil akar pinang yang sebelumnya sudah dikeringkan. Kemudian rebus dengan 2 gelas air. Seperti yang kita ketahui bahwa sudah banyak obat kudis yang tersebar di pasaran yang berbahan dasar kimia. Tapi alangkah baiknya kita menggunakan obat yang menggunakan bahan-bahan alamiah seperti akar pinang.
  • Sebagai Obat Kudis
kita bisa menggunakan akar pinang, caranya haluskan akar pinang yang sudah dikeringkan. Campur dengan ¼ sendok teh kapur sirih dan air secukupnya.
  • Meningkatkan Gairah
Akar pinang juga bermanfaat bagi pria untuk meningkatkan gairah, karena kandungan arkeolin yang ada pada akar pinang. Caranya dengan merebus akar pinang dengan dua gelas air putih sampai tersisa setengahnya. Selanjutnya saring dan minum air tersebut.
  • Mengecilkan Rahim
Ternyata tidak hanya biji dari buah pinang saja yang dapat digunakan kaum wanita sebagai ramuan untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan, akar pinang pun juga dapat dijadikan ramuan tersebut. Caranya, siapkan akar pinang yang sudah dikeringkan, kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.
Post a Comment