Manfaat Dan Khasiat Pohon Aren


Pohon Aren merupakan tanaman yang serbaguna. Selain berkhasiat sebagai obat, beberapa bagian dari tanaman Aren juga menghasilkan produk yang dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi. Pohon aren atau enau ini memiliki bentuk fisik yang mirip dengan phon kelapa sawit, dengan buah yang kecil dan daun yang lebar -lebar. Pohon yang memiilki nama latin “arenga pinnata” ini merupakan salah satu jenis pohon yang dapat dimanfaatkan seluruh bagian tubuhnya, mulai dari daun, buah hingga batang kayunya. Lalu, apa saja manfaat pohon aren ini? 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat dari pohon aren

Pembuatan gula aren
Siapa yang tidak kenal dengan jenis gula yang satu ini? Ya, gula aren merupakan salah satu produk olahan dari tanaman aren, yang diperlohe dari sadapan pohon aren yang dinamakan nira. Inilah yang kemudian sering kita kenal dengan istilah gula aren.  
Sebagai minuman fermentasi
Nira yang tidak diolah menjadi gula aren dapat dimanfaatkan sebagai salah satu jenis minuman fermentasi dengan rasa yang manis dan menyegarkan. Biasanya nira hasil dari pohon aren ini dijual dengan menggunakan pikulan yang terbuat dari bambu.

  
Bahan pembuatan tuak
Selain dimanfaatkan sebagai minuman, manfaat pohon aren yang menghasilkan nira juga merupakan salah satu bahan baku pembuatan minuman beralkohol khas tanah, batak yang sering kita kenal dengan nama tuak.
Pembuatan cuka aren
Nira juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan utama pembuatan cuka aren.
Bahan campuran pengembang roti 
Ternyata, nira juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pengembang pada pembuatan roti. Siapa yang tidak kenal dengan kolang kaling? Tahukah anda, bahwa manfaat pohon aren ini yang menghasilkan kolang kaling. Kolang kaling merupakan biji dari buah aren, yang telah diolah sedemikian rupa menjadi kolang kaling yang kita kenal saat ini.
Manfaat pohon aren bagian daunnya 
Dapat dimanfaatkan juga sebagai pembuatan sapu ijuk. Sapu ijuk juga memilki kualitas yang sama baiknya dengan sapu yang dibuat dengan menggunakan sabut kelapa.
Sebagai pembungkus
Hal ini dapat menggantikan peran dari daun pisang ataupun dari daun jati yang serng juga digunakan sebagai salah satu pembungkus.
Post a Comment